Kamis, 12 Februari 2009

Tentang JENI

Apakah JENI itu?

Embrio JAVA EDUCATION NETWORK INDONESIA berasal dari pelaksanaan JEDI – Java EducationDevelopment Initiative di Philipina yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah material Computer Science yangberkualitas dan bersifat open source.

JENI adalah sebuah pelayanan integratif bagi mahasiswa di Indonesia, untuk mempelajari, berbagi dan mengembangkan solusi berbasis JAVA. Proyek JENI mengimplementasikan JEDI sebagai dasar pelaksanaan kurikulum dengan tambahan berbagai trend perkembangan teknologi JAVA.

JENI dideklarasikan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan didukung oleh Indonesia Go Open Source (IGOS), JUG Indonesia, dan SUN Microsystems.

JENI dalam perkembangannya telah berhasil menyusun beberapa modul tambahan dan fasilitas lain kepada para anggotanya. Fasilitas tersebut antara lain :

1. Arsip Digital (Modul Repository)

2. Forum dan Blog Anggota

3. Sistem Ujian Online

4. Issue Tracking

Sejarah Singkat Tentang Jeni


Dalam usaha membangun dan mengembangkan JENI, tim beserta segenap pihak terkait pada prosesnya menghadapi tantangan dan permasalahan yang berbeda – beda. Masalah dan tantangantersebut timbul sebagai tuntutan perkembangan lingkungan maupun tuntutan perkembangan teknologi.

Tuntutan lingkungan merujuk pada harapan agar JENI mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli di bidang teknologi informasi, sedangkan tuntutan dalam bidang teknologi mengacu pada harapan agar JENI dapat berkembang menjadi organisasi penyedia layanan pendidikan vokasi yang terkelola secara efektif dan efisien.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com